Bupati Giri Prasta Simakrama di Pura Puseh Tambahan Jehem

31
istPUNIA - Bupati Badung Giri Prasta menyerahkan punia saat menghadiri undangan simakrama dengan krama pengempon Pura Puseh Desa Jehem, Tembuku Bangli, Selasa (6/2) kemarin.

Mangupura (Bisnis Bali) – Bupati Badung Giri Prasta menghadiri undangan simakrama dengan krama pengempon Pura Puseh Desa Jehem, Tembuku, Bangli, Selasa (6/2) kemarin. Kehadiran Bupati di sana didampingi Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua DPRD Kabupaten Bangli Ngakan Made Kutha Parwata, Bendesa Adat Tambahan Desa Jehem Dewa Made Rajeg beserta tokoh masyarakat setempat. Simakrama ini digelar berkaitan dengan akan dilaksanakannya Karya Ngenteg Linggih di Pura Puseh Desa Jehem pada 2019 mendatang.

Dalam simakrama tersebut, Bupati Giri Prasta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas undangan untuk melakukan tatap muka dengan krama pengempon Pura Puseh Jehem. Giri Prasta pada prinsipnya sangat mendukung apa yang menjadi harapan krama yang akan menggelar yadnya yang cukup besar yakni Karya Ngenteg Linggih. Menurutnya, semangat krama melaksanakan karya ini telah sesuai dengan konsep ajaran agama Hindu yakni Tri Hita Karana salah satunya bidang Parhyangan, bagaimana meningkatkan hubungan yang harmonisi antara manusia dengan Tuhan. Apa yang dilaksanakan oleh krama ini juga sangat sejalan dengan apa yang menjadi prioritas pembangunan yang dijalankan Bupati Giri Prasta di Kabupaten Badung yaitu komitmen memberdayakan dan melestarikan seni, adat, agama dan budaya.

Di bagian lainnya Giri Prasta juga menyampaikan program dan kegiatan Pemkab Badung khususnya dalam melaksanakan pemerataan pembangunan di wilayah Bali. Pemkab Badung setiap tahun telah memberikan bantuan melalui penyisihan pajak dan retribusi daerah kepada enam kabupaten di Bali termasuk Kabupaten Bangli. Untuk tahun ini, enam kabupaten tersebut menerima bantuan masing-masing Rp 50 miliar. Selain itu Badung juga membantu 2.000 bedah rumah dan untuk Kabupaten Bangli mendapat 250 bedah rumah, masing-masing mendapat bantuan Rp50 juta. Pada kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menyerahkan punia secara pribadi Rp 25 juta.

Bendesa Adat Tambahan Desa Jehem Dewa Made Rajeg menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung di Pura Puseh Desa Jehem. Kehadiran Bupati Badung memang sangat diharapkan, guna dimintai petunjuk-petunjuk serta dukungan terkait pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih Bhatara Turun Kabeh yang akan dilaksanakan pada 2019 nanti. Karya besar ini untuk pertama kalinya digelar sejak 51 tahun silam.  “Petunjuk maupun dukungan dari Bupati Giri Prasta memang sangat kami harapkan sebagai dasar kami dalam melaksanakan yadnya,”  tambahnya. (ad 0.159)