Peringati Hut. ke-27, LPD Sibetan Gelar Pelayanan Kesehatan dan Pembagian Sembako

22

Amlapura (Bisnis Bali)- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (Hut.) ke-27, LPD Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem menggelar pelayanan kesehatan gratis dan pembagian sembako untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan gratis menyasar seluruh pemangku dan masyarakat lanjut usia (Lansia) di Desa Adat Sibetan.

Kepala LPD Sibetan, Drs. I Made Mastiawan, mengatakan, diselenggarakannya kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian LPD terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang tergolong usia lanjut serta pemangku di lingkungan Desa Adat Sibetan. “Hal ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, mengingat wilayah kami berada di kawasan rawan bencana (KRB) satu erupsi Gunung Agung, yang aktivitas masyarakat belum mampu secara maksimal. Dan dari sisi kesehatan juga kami lakukan pemantauan,” jelasnya, pada kegiatan yang dilakukan, Jumat (26/1) lalu.

Dalam kegiatan ini 200 paket sembako dibagikan kepada para Pemangku Kahyangan Tiga serta masyarakat lansia. Diakuinya, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, yang bertujuan saling berbagi kepada masyarakat, khususnya yang sudah tidak mampu bekerja (lansia) serta tokoh masyarakat yang telah mengabdi (ngayah) untuk desa pekraman selama ini.

Tidak hanya memberikan bantuan sembako dan layanan kesehatan gratis dalam rangkat peringat Hut,  bentuk kepedulian LPD Sibetan kepada pemangku dan prajuru di wilayah Desa Adat Sibetan, juga ditunjukan dengan memberikan santunan kesehatan dan santunan meninggal. “Santunan kami berikan jika ada pemangku ataupun prajuru desa yang dirawat inap ataupun yang meninggal dunia. Adapun nominal yang kami berikan yaitu Rp 2 juta per orang baik itu untuk prajuru dan pemangku yang sedang dirawat inap ataupun yang telah meninggal,” ungkapnya. (wid)