Fasilitas dan Produk Pariwisata Bali Variatif

22
AKOMODASI - Salah satu akomodasi yang bisa dimanfaatkan wisatawan saat liburan di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali sudah bisa digolongkan sangat kompetitif, karena mampu menawarkan fasilitas dan produk pariwisata yang variatif. Hal ini menjadikan Bali mampu menggarap destinasi wisata yang berkualitas (quality tourism), dan pariwisata massal (mass tourism).

Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma, Minggu (4/2) mengatakan, pariwisata Bali memiliki daya tarik yang luar biasa. Bali memiliki keindahan alam dan seni budaya yang sangat unik.

Ia menjelaskan, keunikan pariwisata Bali mendorong wisatawan dari berbagai kalangan ingin berlibur ke Bali. Daya tarik Bali mampu menarik wisatawan yang tergolong quality tourism maupun wisatawan yang tergolong mass tourism.

Dipaparkannya, pariwisata Bali sudah didukung dengan penerbangan menuju berbagai pasar di dunia. Hal ini diawali penyiapan penerbangan high class untuk melayani pasar  yang tergolong quality tourism. Selanjutnya lebih kompetitif disediakan penerbangan budget untuk melayani pasar yang tergolong mass tourism.

Lebih lanjut dikatakannya, akomodasi di Bali sudah tersedia pasar high class dari  hotel bintang sampai vila mewah. Di Bali juga tersedia hotel melati sampai pondok wisata dengan harga budget untuk kelas bawah.

Menurutnya, pariwisata Bali juga menyediakan fasilitas akomodasi di pusat kota, kawasan sentra pariwisata maupun di desa. Bali juga sudah mengembangkan kawasan desa wisata. (kup)