Denpasar (Bisnis Bali) – Lembaga perkreditan desa (LPD) sudah terbukti mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Karenanya, lembaga yang digagas Gubernur Bali Prof. Ida Bagus Mantra, pada 1983 tersebut terus bertambah dan berkembang hingga saat ini.

Sebagai putra dari almarhum Ida Bagus Mantra, Rai Dharmawijaya Mantra yang saat ini tengah mencalonkan diri menjadi Gubernur Bali bersama Ketut Sudikerta sebagai calon Wakil Gubernur (Mantra-Kerta) akan berupaya makin memperkuat keberadaan LPD. “Untuk perkuatan ekonomi Bali, kita akan dorong dengan memperkuat LPD yang sudah ada di Bali,” tutur Ketut Sudikerta, Kamis (1/2) di Denpasar.

Umur LPD sebenarnya sudah cukup tua, namun dari 1.488 desa pakraman belum semua memiliki LPD. “Saat ini baru 1.438 desa pakraman yang memiliki LPD, jadi masih ada 50 desa yang belum memiliki LPD. Untuk itu kami akan membantu terbentuknya LPD di desa yang belum memiliki LPD, itu yang akan kami tuntaskan karena keberadaan LPD terbukti mampu membangkitkan perekonomian masyarakat desa,” tandasnya.

Ditambahkan, dengan penguatan LPD, Mantra – Kerta bertujuan mewujudkan Bali yang Madani berdasarkan Tri Hita Karana. “Bali madani tersebut kami ambil dari bahan Sansekerta yang artinya Bali yang maju, aman damai dan harmonis. Dari filosofi agama Hindu Madani itu artinya yang beragam dan mewujudkan kehidupan yang harmonis di Bali ini,” papar pria yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Bali tersebut.

Dengan demikian pengentasan kemiskinan di Bali akan dapat terwujud. “Agar tidak ada lagi masyarakat miskin di Bali dan kesejahteraan sosial dapat terwujud,” tandasnya. (pur)