Meningkat, Koperasi yang Gelar RAT

48

Denpasar (Bisnis Bali) – Makin dipahaminya perkoperasian yang benar, dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pelaksanaan rapat anggota tahunan (RAT). Dibandingkan periode Januari 2017 lalu, RAT pada periode Januari 2018 kali ini lebih banyak.

”Hal ini menandakan para pengurus selaku pengelola koperasi lebih sadar dan mau melaksanakan pertanggungjawaban pengelolaan selama satu tahun,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Patra, S.H., M.H., Senin (29/1).

Ia mengakui, pada Januari 2018 ini, hampir tiap hari ada pemberitahuan pelaksanaan RAT. Berbeda dengan tahun sebelumnya, awal tahun memang ada yang melaksanakan RAT, tapi tidak sebanyak tahun ini. Oleh karena itu, sebelum bulan Maret semua koperasi sudah bisa melaksanakan RAT.

”Kami yakin, tahun ini pelapor RAT lebih banyak dari tahun sebelumnya. Karena kami lihat awal bulan saja sudah ada RAT. Itu sangat wajar, karena pelaporan RAT tahun 2018 adalah laporan kinerja pengelola satu tahun 2017. Kinerja tahun 2017 ditutup dilaporkan mulai awal tahun 2018. Untuk jenis koperasi primer waktunya sampai Maret 2018, sementara jenis koperasi sekunder sampai bulan Juni 2018. Kami berharap makin cepat RAT, maka makin baik mengelola koperasi tahun 2018,” katanya. (sta)