Gandeng Asosasi, REI Bali Harapkan Zona Ideal Hunian Vertikal

23

Denpasar (Bisnis Bali) – DPD Real Estate Indonesia (REI) Bali terus berupaya mencari solusi agar tersedia rumah dengan harga  terjangkau di perkotaan, termasuk keberadaan hunian vertikal dalam upaya mencegah pengalihfungsian lahan hijau.

“REI masih dalam tahap berdiskusi dengan beberapa organisasi seperti Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) termasuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali,” kata Ketua DPD REI Bali, Pande Agus Permana Widura, saat dihubungi di Sanur.

Ia mengatakan, hunian vertikal atau model apartemen perlu ada mengingat makin hari harga properti makin tidak terjangkau. Satu sisi jumlah masyarakat kian tumbuh dan kebutuhan perumahan kian tinggi, sedangkan lahan akan berkurang. Pihaknya pun menilai, tidak mungkin mengambil lahan hijau sebagai hunian, sehingga solusinya tentu hunian vertikal.

“Wacana pembangunan rumah vertikal sebenarnya sudah sejak beberapa tahun yang lalu, namun hingga kini belum menemui titik terang. Hal tersebut dikarenakan belum adanya peraturan daerah (Perda) yang mengatur terkiat hunian vertikal di Pulau Dewata,” paparnya.(dik)