TANAMAN cocor bebek yang selama ini oleh masyarakat Bali digunakan sebagai obat, ternyata memiliki banyak jenis dan bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman cocor bebek, ada yang memiliki bunga dengan beragam warna yang indah sehingga cocok dijadikan tanaman hias.

Tanaman cocor bebek yang satu ini, menurut Wayan Dana, penjual tanaman hias di Pasar Beringkit, didatangkan dari Bandung. “Cocor bebek yang selama ini dikenal masyarakat Bali, tidak berbunga dan hanya dimanfaatkan untuk obat. Cocor bebek berbunga cantik ini, saya datangkan langsung dari Bandung,” tutur Dana, Senin (29/1) kemarin. Karena didatangkan dari luar, harga cocor bebek berbunga tersebut tergolong mahal yaitu Rp 65 ribu.

Karena tergolong tanaman hias yang baru diperkenalkan kepada masyarakat Bali, cocor bebek ini cukup banyak peminatnya. “Banyak konsumen yang tertarik, begitu melihat cocor bebek tersebut. Tetapi memang banyak yang mengatakan harganya masih terlalu tinggi, sehingga masih pikir-pikir untuk membelinya.

Tanaman cocor bebek yang termasuk dalam famili crassulaceae ini merupakan tanaman perdu yang memiliki bunga berwarna putih, kuning, oranye, merah muda dan merah. Cocor bebek ini dapat berbunga sepanjang tahun. Tanaman cocor bebek dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 cm dan cocok untuk dijadikan tanaman hias yang diletakkan ke dalam pot. (pur)