Rayakan HUT Ke-50, PD BPR Werdhi Sedana Luncurkan KURDA

83
LAUNCHING – Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata melakukan launching program KURDA serangkaian peringatan HUT ke-50 PD BPR Werdhi Sedana, Minggu (28/2).

Gianyar (Bisnis Bali) – Serangkaian peringatan HUT ke-50 PD BPR Werdhi Sedana, Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata melakukan launching Program Kredit Usaha Rakyat Daerah (KURDA) Pemkab Gianyar di area car free day (CFD) Taman Kota Gianyar, Minggu (28/2). Kegiatan ini disaksikan DPRD, Wakil Bupati Gianyar, Sekda, serta pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar.

Direktur Utama PD BPR Werdhi Sedana, Nyoman Suparsa Widana di sela-sela acara HUT ke-50 dan launching KURDA  menyampaikan kegiatan launching atau peresmian KURDA merupakan rangkaian pelaksanaan HUT ke-50 PD BPR Werdhi Sedana yang dimulai dari tanggal 5 Januari sampai dengan puncak 12 Februari. Berbagai kegiatan sosial maupun promo dengan  pemberian hadiah-hadiah bagi penabung maupun pemberian bunga khusus bagi nasabah yang meminjam untuk periode mulai tanggal tersebut.

Ia menjelaskan, KURDA merupakan salah satu program kerja Pemkab Gianyar yang bertujuan untuk memperkuat permodalan usaha mikro kecil (UMK) dan koperasi yang ada di Kabupaten Gianyar, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Untuk saat ini dana yang disiapkan Pemkab Gianyar sebesar Rp 10 miliar dan penyaluran KURDA tersebut dikerjasamakan dengan PD BPR Werdhi Sedana dengan besaran pinjaman maksimal untuk UMK sebesar Rp 50 juta, sedangkan untuk koperasi sebesar Rp 100 juta dengan suku bunga 6 persen per tahun. Pola penyaluran KURDA ini dilakukan dengan pola executing sehingga dalam penetapan UMK dan koperasi yang layak menerima dana penguatan modal sepenuhnya berlaku mekanisme perbankan.

Sesuai hasil audit dari auditor independen Kantor Akuntan Publik Drs. Sri Marmo Djogosarkoro & Rekan Laporan Keuangan PD. BPR Werdhi Sedana per tgl 31 Desember 2017, jumlah aset sebesar Rp 103.029.888.538. Kredit yang disalurkan Rp 58.248.960.450, simpanan dana pihak ketiga Rp 82.081.379.410, dan laba setelah pajak Rp 3.375.003.348.

Sesuai ketentuan PD BPR Werdhi Sedana  menyetor PAD tahun 2018 sebesar 50 persen dari laba setelah pajak sebesar Rp l.687.501.674 atau 146,38 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1.152.745.951 melampaui target sebesar Rp 534.755.722.

Pencapaian kinerja keuangan yang positif tersebut, selain disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan dari masyarakat juga sebagai akibat dari dukungan penuh Bupati Gianyar, baik dalam penambahan modal setor maupun kebijakan-kebijakan yang sangat visioner, yang didukung oleh pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gianyar. Secara khusus perbekel se-Kabupaten Gianyar juga menunjuk PD BPR Werdhi Sedana sebagai pemegang Rekening Kas Desa (RKD).

Ia menegaskan, program unggulan KURDA dan program visioner RKD dari Bupati Gianyar merupakan program dengan payung hukum yang jelas sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Daerah.

Nyoman Suparsa Widana menambahkan  dukungan dan kepercayaan yang besar dari bupati, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Gianyar, serta dari stakeholder serta nasabah setia memberikan semangat bagi PD. BPR Werdhi Sedana untuk terus berkarya lebih baik. Ini untuk terwujudnya visi PD. BPR Werdhi Sedana yaitu menjadi BPR yang tangguh, dipercaya dan mampu bersaing serta berkonstribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat Gianyar.

Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata  mengatakan, setelah melalui beberapa proses termasuk perizinan dari OJK, baru Pemkab Gianyar bisa menyalurkan KURDA melalui PD BPR Werdhi Sedana. Masyarakat pelaku usaha diharapkan bisa segera merespons KURDA. Serangkaian HUT ke-50,  BPR Werdhi Sedana diharapkan lebih berperan melayani dan membantu mensejahterakan masyarakat Gianyar.

Selain meresmikan program KURDA Kabupaten Gianyar, Bupati Gianyar juga  menyerahkan doorprize 2 (dua) unit sepeda motor kepada nasabah setia PD BPR Werdhi Sedana yang beruntung hadir pada acara Padu Raksa periode tahun 2017 dan selanjutnya menyerahkan hadiah utama doorprize  jalan santai rangkaian HUT ke-50 PD BPR Werdhi Sedana. (ad 0.112)