Denpasar (Bisnis Bali) –  Indonesia sangat kaya dengan berbagai kuliner yang dapat dikemas untuk produk oleh-oleh bagi wisatawan, namun perlu melakukan sebuah terobosan bagi masyarakat, khususnya produsen kue.

“Langkah yang harus dilakukan dengan memperkenalkan berbagai kuliner Tanah Air kepada masyarakat maupun wisatawan, tidak saja menyajikan melalui menu makanan, tetapi juga dalam bentuk kemasan oleh-oleh kuliner,” kata advisor Indonesian Pastry Alliance (IPA), I Made Kona, di sela-sela “Oleh-oleh Competition with US Ingredients” di Jimbaran, belum lama ini.

Ia mengatakan, jenis makanan khas atau oleh-oleh asal Indonesia cukup banyak dan hampir semua daerah memiliki oleh-oleh khas lebih dari satu jenis. Namun banyak hal yang menghambat pengembangan produk oleh-oleh tersebut, karena salah satunya dipengaruhi budaya setempat.

“Oleh karena itu kami berupaya memperkenalkan oleh-oleh khas Nusantara tersebut dengan melakukan berbagai perlombaan, salah satunya ‘Oleh-Oleh Competition with US Ingredients’,” ujarnya. (kup)