Pada era digitalisasi saat ini, kecanggihan teknologi menopang segala aktivitas dan kebutuhan masyarakat, baik dalam sektor pendidikan, dunia kerja, aktivitas sehari-hari, hingga dunia bisnis. Dengan demikian, masyarakat saat ini dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi tersebut, terlebih lagi dalam dunia bisnis (usaha) karena jika tidak akan menjadi tertinggal.

HAL tersebut yang mendorong diselenggarakannya seminar sehari dengan tema “Strategi Mengembangkan Bisnis Berbasis Digital” oleh Media Harian Bisnis Bali bekerja sama dengan STIKOM Bali dan Pemkab Gianyar. Seminar yang kali ini mengambil tempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar, pada Sabtu (27/1) lalu, menghadirkan para siswa SMA/K yang merupakan calon-calon pengusaha serta pelaku UMKM se-Kabupaten Gianyar atas kerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gianyar. Dalam kegiatan ini, hadir Dr. Dadang Hermawan, I Made Marlowe, MWB,Bus. serta Aditya Sentana dari STIKOM Bali sebagai pemateri serta kegiatan seminar dimoderatori oleh I Made Sarjana, S.E., M.M. 

Pimpinan Umum Harian Bisnis Bali, Nengah Srianti mengatakan, seminar ini dilakukan secara rutin setiap tahun yang menyasar seluruh kabupaten/kota di Bali. “Kenapa kami pilih tema berbasis digital, karena mau tidak mau ke depannya pengusaha dituntut beralih ke digital. Karenanya, kami bekerja sama dengan STIKOM Bali rutin menyelenggarakan seminar ini roadshow dari satu kebupaten ke kabupaten lain,” ungkapnya.

Ditemui di sela-sela acara, Ketua STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengatakan, keberadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Namun dia menjelaskan, dalam kesempatan ini yang dibahas adalah soal sisi positif TIK yaitu pemanfaatan TIK dalam era digital khususnya bagi pelaku UMKM ataupun calon pelaku pengusaha. “Pada kesempatan ini akan dibahas strategi-strategi yang mendorong pelaku UMKM untuk penggunaan digitalisasi bagi kemajuan usaha yang dimiliki,” ungkapnya. (wid)