Denpasar (Bisnis Bali)– ‪Belakangan makin banyak orang tertarik untuk melakukan treatment smoothing sendiri di rumah. Hal ini akan  menghemat biaya, karena banyak produk smoothing yang ditawarkan dalam kemasan saset untuk sekali pakai.

Enap, dari Rumah Kosmetik Karissa di Jalan Waturenggong Panjer-Denpasar, menuturkan, banyak produk smoothing dalam kemasan sekali pakai diluncurkan ke pasaran. “Cara pemakaiannya juga praktis, dan bisa dilakukan siapa saja. Dalam kemasan sudah ada cara pemakaiannya,” katanya kepada Bisnis Bali Jumat(26/1).

Smoothing merupakan istilah untuk sebuah perawatan rambut yang bertujuan untuk meluruskan, menghaluskan serta mengkilapkan rambut. Banyak orang tertarik terhadap treatment smoothing karena bermanfaat bagi orang dengan rambut yang ikal ataupun keriting. “Dengan smoothing, rambut akan terlihat sangat lurus sekaligus membuat penampilan menjadi lebih menarik dan rapi. Tren smoothing memang sedang digandrungi saat ini, khususnya bagi kaum wanita,” tukasnya.

‪Namun yang menjadi kendala bagi sebagian orang adalah biaya yang mahal untuk melakukan smoothing di salon kecantikan. ” Kalau smoothing di salon paling mudah Rp 300 ribu, untuk mereka yang rambutnya pendek. Sedangkan yang memiliki rambut panjang, biayanya bisa Rp 500 ribu bahkan lebih,” ucapnya. Biaya yang cukup mahal tersebut membuat tidak semua orang yang ingin meluruskan rambutnya bisa menjangkaunya.

‪Namun dengan adanya produk smoothing rambut, yang bisa  dilakukan sendiri di rumah, persoalan tersebut bisa teratasi. Banyak produk yang ditawarkan dengan harga berkisar Rp 38 ribu hingga Rp 59 ribu per saset.

‪Proses smoothing membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan beberapa tahapan. Langkah pertama untuk melakukan smoothing rambut adalah keramas menggunakan shampoo tanpa kondisioner agar rambut bersih. Kemudian keringkan rambut, secara alami agar rambut tidak terlalu basah. Tapi bila Anda terburu-buru bisa menggunakan hair dryer.

‪”Kalau rambut sudah 80 persen kering, bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Lalu ambil satu bagian rambut dan oleskan smoothing cream,” paparnya. Oleskan smoothing cream dengan jarak sekitar 1 cm dari pangkal rambut. Waktu yang digunakan untuk melakukan pengolesan ini biasanya selama 20 menit. Atau sesuaikan dengan panjang dan pendeknya rambut. (pur)