Meriahkan HKG PKK Ke-46 PKK Tabanan Gelar Berbagai Lomba

49

Tabanan  (Bisnis Bali) –  Memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 / 2018, PKK Tabanan mengadakan berbagai kegiatan lomba. Lomba tersebut antara lain lomba penyuluhan di bidang Pokja I, II, III dan IV, Demonstrasi Lomba Gembira dan demonstrasi yel- yel dengan tema 10 program pokok PKK. Lomba dibuka secara resmi oleh Asisten I Tabanan, I Wayan Yatnanadi. Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, didampingi Nyonya Putriningsih Wirna.

Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya mengungkapkan, tujuan dari lomba adalah untuk meningkatkan cakupan dan pelayanan program KB kesehatan melalu pemberdayaan masyarakat dan kerja sama lintas sektor dalam kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan. Adapun dasar dilaksanakannya kegiatan ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan kesatuan PKK ke-46.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini antara lain Keputusan Mendagri nomor 411.4-3514 tahun 2016 tentang pengesahan hasil keputusan Rakernas VIII PKK tahun 2015, Permendagri RI No.1 Tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat dan hasil rapat persiapan Hari Kesatuan Gerak PKK pada tanggal 18 Januari 2018,” ungkapnya.

Dijelaskannya, lomba-lomba tersebut antara lain lomba penyuluhan bidang Pokja I, pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. Lomba penyuluhan bidang Pokja II; pemberdayaan ekonomi keluarga melalui UP2K-PKK. Lomba bidang Pokja III, pemanfaatan lahan melalui program hatinya PKK. Lomba bidang Pokja IV, deteksi dini kanker serviks melalui IVA test dan lomba lainnya.

“Adapun demonstrasi lomba gembira, merias wajah dengan mata tertutup dan demonstrasi yel-yel tema 10 program pokok PKK,” jelasnya.

Lomba yang bertemakan ‘Melalui Jambore Kader PKK Kita Mantapkan Kerjasama Dalam Melaksanakan 10 Program Pokok PKK Menuju Tabanan Serasi’ tersebut menyasar para anggota PKK tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kader Dasa Wisma dan kader lainnya. Para juara nantinya akan mengikuti lomba di tingkat Provinsi Bali pada 26 Februari 2018.

“Adapun kriteria peserta adalah kader PKK desa. Sementara untuk naskah dibuat 4-5 halaman dalam waktu 7 menit. Penilaian berdasarkan pada  kesesuaian judul dengan materi atau isi, penguasaan materi, teknik penyampaian, penampilan dan penggunaan alat bantu,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wayan Yatnanadi memberikan apresiasinya kepada PKK Tabanan atas  kegiatan tersebut dalam mewujudkan Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Serasi.  (man)