Singaraja (Bisnis Bali) –  Buleleng merupakan salah satu kabupaten yang memiliki berbagai potensi pariwisata yang tak kalah diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Berbagai objek wisata itu menawarkan keunikan tersendiri, salah satunya wisata kreativitas seperti di Desa Bila Tua,  Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Kubu Abian Bagus, objek wisata yang digagas oleh Nyoman Kari ini merupakan objek wisata pertama di Desa Bila Tua yang menawarkan pemandangan pegunungan dan view sungai. Berbagai anjungan seperti sarang burung, tempat selfie, ayunan dan beberapa tempat disediakan untuk tempat istirahat sembari menikmati minuman atau snack yang di stan kuliner.

Ia mengatakan, terinspirasi membuat objek wisata ini awalnya hanya sekadar iseng memanfaatkan lahan perkebunannya dan pemandangan untuk dibuat tempat istirahat ketika sanak saudaranya pulang ke kampung halaman. Namun berkat suport dari anaknya Wayan Madika akhirnya di buat beberapa anjungan untuk berfoto serta dilakukan penataan di sekitar lahan layaknya taman.

 Tidak disangka objek wisata yang baru dibuka sejak lima bulan lalu ini booming dan mendapat kunjungan dari sejumlah wisatawan dan masyarakat lokal khususnya kalangan remaja. Kian hari kunjungan makin ramai berkat promosi dan informasi yang dilakukan para pengunjung melalui media sosial.

“Semua ide dari anak saya, awalnya saya hanya ingin buat tempat istirahat tapi anak saya mengarahkan agar di buatkan tempat berfoto,” tuturnya. Selain itu, mengambil nama Kubu Abian Bagus sebagai nama objek wisata ini adalah menggunakan nama dari lahannya yakni Abian Bagus, di mana di Desa Bila Tua setiap lahan warga memiliki namanya masing – masing. (ira)