Pariwisata Bali Dihadapkan Berbagai Tekanan

54
Pariwisata Bali dihadapkan dengan tantangan berbagai masalah sosial.  (kup)  

Denpasar (Bisnis Bali) – Bali sudah mendapatkan predikat” Bali the best island tourist destination in the world” (destinasi wisata pulau terbaik di dunia). Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma Kamis (25/1) mengatakan dalam mempertahankan predikat the best Island,  pariwisata  Bali dihadapkan dengan berbagai tekanan dan masalah sosial.

Diungkapkannya, dengan adanya masalah erupsi Gunung Agung, masalah banjir, dan lainnya menyebabkan pandangan pasar terhadap Bali akan berubah. Rasa aman dan nyaman sudah mulai berkurang karena akibat masalah bencana alam.

Ia menjelaskan kalau dulu pengembangan pariwisata pada keasrian alam dan adat budaya. Kelestarian adat dan tradisi menjadi ukuran tumbuhkembangnya pariwisata Bali.
Dipaparkannya, setelah Bali berkembang menjadi ukuran pengembangan pariwisata adalah infrastruktur. Fasilitas fisik tumbuh dan sikap mental masyarakat relatif berubah.

Lebih lanjut dikatakannya, perubahan fisik yang terjadi akan mengurangi penilaian pasar terhadap Bali. Salah satu contoh, ketika memasuki musim hujan pariwisata Bali dihadapkan  masalah banjir.
Ia melihat permasalahan lain yang dihadapi pariwisata Bali meliputi kabel listrik dan telepon mengurangi keindahan jalan yang dilalui wisatawan ke objek wisata di Bali. (kup)