Denpasar (Bisnis Bali) – India Cultural Centre Bali ingin menjalin kerjasama di bidang pendidikan, seni dan budaya dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar.  Hal ini tak terlepas dari kemiripan budaya Bali dan India. Di samping itu, Denpasar memiliki visi dan misi sebagai Ibu Kota Provinsi Bali yang berwawasan budaya.

Hal tersebut disampaikan Director India Cultural Centre Bali Manohar Puri  saat beraudensi  ke Kantor Wali Kota Denpasar, belum lama ini, yang diterima Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram mewakili Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Lebih lanjut Manohar Puri mengatakan, dengan menjalin kerja sama anak muda di Bali dapat belajar ke India, begitu juga sebaliknya. Mengingat Menteri Luar Negeri India telah meluncurkan portal beasiswa India Council for cultural Relation (ICCR) di New Delhi, Ibu kota India.

Menurutnya, kerja sama dalam bidang pendidikan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan sebuah mandat bagi India Council for cultural Relation (ICCR). ICCR memiliki perencanaan beasiswa dalam jumlah yang sangat besar dan menangung berbagai macam program kerja sama, isu dalam bidang Pendidikan dan kebudayaan.

Dikatakan, Menteri Luar Negeri India pun telah menyampaikan ada 17 perencanaan beasiswa yang diselenggarakan oleh ICCR yang berasal dari bidang kerjasama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Ayush (ilmu kedokteran India). Selain itu, ada pula perencanaan beasiswa untuk Afgan Nationals, Beasiswa Afrika, beasiswa Mekong Ganga, beasiswa kerja sama dan beasiswa keamanan belakang Bangladesh.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram mengapresiasi niat baik dari India Cultural Centre Bali. Menurutnya kebudayaan Bali dengan India juga memang ada kemiriban. Dengan menjalin kerjasama maka pihaknya berharap siswa-siswa yang ada di Kota Denpasar bisa belajar ke India. (sta)