Denpasar (Bisnis Bali)- Belakangan banyak orang mengalami ubanan lebih dini dari seharusnya, banyak orang yang masih muda sudah mulai beruban.  Banyak faktor yang mempengaruhinya, untuk itu perlu dilakukan antisipasi dengan perawatan rambut dan pemenuhan nutrisi rambut.

Wiwik Sulastri, Owner YeYe Salon di bilangan Jalan A. Yani, Denpasar memaparkan, rambut seperti halnya kulit, membutuhkan nutrisi. Bila nutrisi tersebut tidak terpenuhi, maka rambut akan cepat menjadi tua dan uban. “Banyak faktor yang mempengaruhi uban, tidak hanya faktor usia.  Faktor kurang vitamin, faktor genetik juga pengaruh, jadi banyak faktor,” terangnya.

‪Apalagi rambut yang kerap terkena bahan kimia, akan cepat menjadi uban. “Uban tidak bisa diberhentikan, tapi bisa diperlambat. Dengan mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, yaitu vitamin E dan mengkonsumsi makanan yang memberikan nutrisi pada rambut,” tukasnya.

‪Selain itu, dari luar, rambut juga perlu dirawat dengan menggunakan hair tonic, minyak kemiri, minyak kelapa atau minyak zaitun yang berbahan alami (herbal). “Kalau uban itu kutikula kita yang kosong sehingga warna hitam menjadi putih. Dan itu tidak bisa dipulihkan lagi, cuma bisa di perlambatan prosesnya atau dicegah,” tandasnya. Selain itu minum teh jahe juga dapat membantu mencegah timbulnya uban. (pur)