RAT Koperasi, Bentuk Konsistensi dan Transparansi

26
RAT KSP BNA salah satu koperasi di Buleleng.  (ira) 

Singaraja (Bisnis Bali)  – Keberadaan koperasi hingga saat ini terbukti masih diperlukan utamanya dalam mendorong laju pertumbuhan unit usaha kecil dan menengah yang pada umumnya masih menjadi sandaran hidup masyarakat kecil.

Seperti halnya di Kabupaten Buleleng keberadaan koperasi tentu sangat membantu kehidupan ekonomi masyarakat, namun perlu di ketahui koperasi bisa dikatakan sehat adalah koperasi yang rutin melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) setiap tahunnya. Seperti beberapa koperasi di Buleleng sudah mulai melaksanakan RAT, misalnya Koperasi Simpan Pinjam Bali Nasional Akuntan (KSP BNA) di kawasan Desa Bantang Banua Singaraja. RAT dilaksanakan bertujuan untuk menunjukkan transparansi terhadap anggota,  juga sebagai bentuk konsistensi sebuah koperasi dalam melaksanakan ketentuan yang sudah diatur dalam perundang undangan yakni dengan melaksanakan RAT.

RAT yang dirangkaikan dengan  HUT ke-17 KSP BNA tahun pada Minggu, (21/1) ini dihadiri oleh Dekopinda Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten dan sejumlah dinas terkait serta seluruh anggota Koperasi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mitra kerja dari KSP BNA untuk memberikan suvenir sekaligus sebagai sponsor selaku mitra kerja.

Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bali Nasional Akuntan (BNA) Made Nyiri Yasa, S.Sos ,M. M.A. ketika diwawancarai Bisnis Bali usai menggelar RAT Tahun Buku 2017 (RAT) mengatakan, pihaknya bersyukur dan berterimakasih atas antusias masyarakat kepada koperasi sebagai lembaga keuangan kepercayaan.

Kegiatan RAT ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan oleh koperasi selain itu juga diharapkan anggota koperasi dapat mengetahui makna dan eksistensi RAT itu sendiri dalam kehidupan perkoperasian. (ira)