Opsel pun Berlomba Hadirkan Solusi Bisnis bagi Pelaku UKM

18
istUKM - Usaha kecil dan menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian di suatu daerah.

Usaha kecil dan menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian di suatu daerah bahkan negara. Dalam upaya mendukung produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku UKM, operator selular (opsel) kini berlomba menghadirkan solusi bisnis terlengkap untuk UKM. Apa saja jenisnya?

“KAMI menyediakan solusi bisnis terlengkap melalui MyBusiness,” ujar Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, Arief Pradetya.

Lanjutnya, seiring meningkatnya kebutuhan UKM dalam meningkatkan kinerja bisnis, kami berupaya menyediakan solusi lengkap namun terjangkau sesuai dengan kebutuhan pelaku UKM. “Solusi-solusi digital dalam MyBusiness kami harapkan dapat menjadi solusi terlengkap bagi UKM untuk memaksimalkan potensi dan membuat UKM tetap fokus kepada keahliannya dalam membuat dan memasarkan produk,” ungkapnya.

Dalam MyBusiness bagi UKM, Telkomsel menyediakan berbagai pilihan solusi yang terbagi menjadi dua kategori besar, yakni “Mulai Usaha Anda” dan “Kembangkan Usaha Anda”. Solusi “Mulai Usaha Anda“ menyediakan solusi terintegrasi bagi pelaku UKM yang baru merintis usaha, sedangkan solusi “Kembangkan Usaha Anda” menyediakan berbagai solusi bagi pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnis.

Solusi “Mulai Usaha Anda” terdiri atas paket MITRA, Wireless Broadband, dan Business Connect. Paket MITRA tersedia bagi para pemilik usaha yang memberikan tunjangan komunikasi secara rutin terhadap karyawannya. Paket MITRA memberikan kenyamanan, yakni manfaatnya dinikmati oleh nomor karyawan dan biayanya dibebankan ke nomor pemilik usaha. Di samping itu, manfaat paket ini sangat disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi dan akses internet dari karyawan UKM, serta besaran kuota penggunaan dapat dimonitor setiap saat oleh pemilik usaha.

Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pelaku UKM. Sementara Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Telkomsel MPOS Solution merupakan aplikasi kasir yang memberikan kenyamanan dalam mengelola transaksi melalui tablet atau smartphone. Telkomsel Employee Management mempermudah UKM dalam memiliki sistem kehadiran atau absensi yang terjangkau melalui aplikasi mobile, mengelola rekaman data karyawan, serta penghitungan dan pembayaran gaji karyawan dengan efektif.

Sementara, Telkomsel Accounting Solution merupakan solusi akuntansi berbasis  cloud  yang mempermudah UKM melakukan pencatatan dan pembuatan berbagai laporan keuangan. “Telkomsel E-Commerce Solution merupakan platform yang memungkinkan UKM membuka toko  online dengan  branding usaha sesuai keinginan dan langsung berjualan produk serta jasa pada hari yang sama,” jelasnya.

Katanya, UKM yang memulai usaha atau mengembangkan bisnisnya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT, seperti untuk perangkat lunak atau perangkat keras, atau keharusan melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung.

Untuk memudahkan UKM mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan pembelian produk-produk SME, Telkomsel menyiapkan saluran distribusi daring (online channel) yang dapat diakses melalui https://tsel.me/sme. (aya)