Wisman ke Bali Diperkirakan 6,5 Juta

46
 BERLIBUR – Wisatawan asing yang sedang berlibur di Bali.

Denpasar (Bisnis Bali) – Pariwisata Bali tetap optimis menggaet kunjungan wisatawan ke Bali meski masih dihadapkan dengan masalah erupsi Gunung Agung. Kadispar Bali, AA Gede Yuniartha Putra, Senin (22/1) mengatakan, Pemprov Bali melalui Dispar Bali memperkirakan 6,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang akan meramaikan Bali pada 2018 ini.

Ia mengungkapkan, pemerintah sedang menghitung target kunjungan wisatawan yang datang ke Bali tahun 2018. Ini menyangkut menghitung berapa target kedatangan wisman dan wisatawan domestik (wisdom) ke Bali. Kalkulasi sementara wisman ke Bali 2018 diperhitungkan kurang lebih 6,5 juta orang. Kunjungan wisdom ke Bali 2018 kira-kira 10 juta wisatawan. “Kedatangan wisatawan ke Bali masih dalam kalkulasi sementara,” katanya.

Dipaparkannya, untuk tahun 2017 lalu, wisman ke Bali sudah melewati target 5,7 juta wisman. Ini belum termasuk data kunjungan wisman ke Bali melalui pelabuhan laut.

Lebih lanjut dikatakannya, pada 2018 pariwisata Bali akan menggarap pasar dari berbagai negara. Pangsa pasar yang banyak mendatangi Bali diharapkan seperti dari Cina, Australia, India, Eropa, Asia Pasifik, ASEAN, termasuk Amerika. (kup)