Hadapi Tantangan Kedepan LPD Perkuat SDM

32
Salah satu pelayanan LPD di Kota Denpasar. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Keberadaan LPD tidak hanya dihadapi dengan persaingan penyaluran kredit, yang saat ini dengan hadirnya KUR dengan suku bunga 7 persen, namun juga persaingan dengan lembaga keuangan lainnya. Dengan demikian, diharapkan LPD harus mampu memperkuat SDM untuk menghadapi tantangan kedepan.

Pemerhati LPD Bali, AA Rai Astika, di Denpasar, Senin (22/1) kemarin mengatakan, untuk mampu menghadapi tantangan kedepan, selain dukungan desa pakraman untuk ikut serta memajukan dan memperkuat LPD serta mengerahkan krama untuk mendukung LPD, namun dari internal LPD juga harus terus berbenah diri. “Banyak tantangan yang dihadapi LPD, sehingga pengurus, karyawan dan pengelola harus terus meningkatkan
kemampuan dan profesionalismenya,” ungkap Rai Astika.

Profesionalisme yang dimaksud yaitu jujur dan mau terbuka pada setiap hal yang dikerjakan, sehingga memberikan kepercayaan yang kuat terhadap krama (masyarakat adat-red). Kepercayaan krama, menurutnya, sangatlah penting, karena jika krama sudah percaya kepada LPD maka akan sulit untuk beralih ke lembaga keuangan lainnya.

Selain itu, dia mengatakan, produk-produk yang ditawarkan LPD harus terus diinovasi sesuai kebutuhan krama. Demikian juga menyediakan jasa layanan LPD yang kian banyak dan sesuai yang dibutuhkan, sehingga menambah ketertarikan bagi krama. (wid)