Denpasar (Bisnis Bali) – Tim seleksi calon direksi Bank BPD Bali pada Jumat (19/1) telah menutup penerimaan pendaftaran dan terdapat total 25 orang yang telah mengambil dan mengembalikan soft copy formulir persyaratan.

“Pendaftaran dimulai 15 Januari dan ditutup 19 Januari 2018 lalu. Hasilnya tercatat 25 orang yang mendaftar dan semua calon direksi tersebut berasal dari Bali,” kata Dewan Komisaris PT BPD Bali, Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa saat dihubungi di Sanur, Minggu (21/1) kemarin.

Ia mengatakan, dari total calon yang mendaftar sebagai direksi, empat orang di antaranya merupakan calon lama atau sebelumnya pernah ikut seleksi. Sisanya, pendaftar baru yaitu 9 orang dari eksternal BPD Bali di antaranya ada dari BNI, Mandiri dan pensiunan Bank Indonesia (BI) serta 16 orang internal termasuk yang pensiunan bank milik krama Bali ini.

”Calon-calon tersebut merupakan orang terbaik di bidangnya,” ujarnya.

Lanang Putra Perbawa menerangkan, tahapan selanjutnya para calon akan menjali seleksi administrasi, kemudian assessement terkait kemampuan, integritas dan reputasi keuangan. Proses seleksi administrasi dan assessment akan melibatkan Komite Nominasi dan Remunerasi BPD Bali yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Intelejen Negara.

“Intinya dalam seleksi ini akan difokuskan integritas, profesionalisme atau kemampuan dan reputasi keuangan,” jelasnya.

Para calon nantinya akan dicari 10 terbaik untuk disampaikan kepada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) untuk selanjutnya disampaikan ke OJK untuk fit and proper test. RUPS LB diprediksi dilaksanakan 15 Februari 2018.

Dari hasil verifikasi dan wawancara OJK, kata dia, calon yang diajukan tersebut akan mengerucut menjadi 5 orang yang kemudian akan ditetapkan lewat RUPS LB. Pihaknya berharap calon-calon pilihan ini bisa mengisi kekosongan direksi serta bisa mengembangkan  dan menumbuhkan ekonomi Bali sesuai moto bank yaitu bersama membangun Bali.

Sebelumnya Komisaris Utama Bank BPD Bali Ketut Nurcahya, M.M. mengatakan, dalam pendaftaran ini diputuskan calon yang sebelumnya ikut bursa pemilihan calon direksi boleh ikut mendaftar kembali ditambah calon-calon baru yang berminat. Calon baru yang dimaksud baik dari dalam Bank BPD sendiri yang berkarier dan memenuhi syarat dengan pengalaman sebagai pejabat eksekutif beberapa tahun maupun pihak luar seperti dari bank umum nasional lainnya. (dik)