Denpasar (Bisnis Bali) – Peru tampaknya akan menjadi salah satu negara yang meramaikan Pesta Kesenian Bali tahun 2018 yang akan diselenggarakan 16 Juni 2018 mendatang. Usulan ini disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima audiensi Duta Besar Peru Julio Cardenas di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Bali, belum lama ini.

Peru sendiri merupakan salah satu negara dengan peradaban sejarah yang panjang di Amerika Latin. Kekayaan budaya yang dimilikinya merupakan salah satu kemiripan yang dimiliki Peru dengan Bali. “Berkunjung ke Indonesia tidak berkunjung ke Bali sama seperti ke Amerika Selatan tapi tidak berkunjung ke Machu Pichu,” kata Dubes Peru Julio Cardenas merujuk kepada kota tua suku Inca yang menjadi ikon negara tersebut. Itu sebabnya Cardenas menjadikan Bali sebagai salah satu daerah prioritas yang harus dikunjungi di Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Peru telah melaksanakan pameran fotografi di beberapa tempat di Asia seperti Malaysia, Jepang dan Jakarta. Bali diharapkan bisa menjadi destinasi berikutnya untuk menampilkan dokumentasi kebudayaan Peru. Itulah sebabnya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menilai Pesta Kesenian Bali sebagai ajang yang tepat untuk menampilkan pameran seni ini. “Kita bisa berikan tempat untuk melakukan pameran seni bekerja sama dengan ISI (Institut Seni Indonesia),” kata Pastika. (pur)