Denpasar (Bisnis Bali)- Busana batik belakangan makin berkembang dan mengikuti tren fashion, sehingga batik makin diminati masyarakat. Dalam pameran batik di Level 21, Denpasar, Ayik yang memajang hasil karya batik Solo mengungkapkan, sebagai kain karya anak bangsa, batik makin diminati.

“Batik terus berkembang dan mengalami perubahan, menyesuaikan dengan tren fashion dunia dan memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu batik sekarang makin dicintai,” tuturnya. Batik saat ini sudah boome, karena desain – desain busana batik yang trendi dan “fashionable”. Jadi konsumen dapat memenuhi kebutuhan fashion-nya dengan  berbagai desain busana batik.

“Desain batik sekarang tidak hanya blouse kantor saja, tapi sudah mulai bagus-bagus dan lucu – lucu juga. Jadi gak harus dibuat blouse saja, model – model celana dan dress juga unik – unik dan banyak peminatnya,” terang Ayik antusias. Karenanya batik saat ini tidak hanya digunakan untuk ke kantor atau acara resmi saja, untuk jalan – jalan dan ke pesta juga bisa karena modelnya yang beragam.

Batik saat ini diminta oleh semua kalangan mulai menengah ke bawah hingga menengah ke atas, semuanya sangat menyukai batik. Dari anak-anak hingga orang dewasa juga banyak yang mulai cinta terhadap batik, dan tiap saat selalu menggunakan batik. “Model busana batik sekarang  sangat beragam, apalagi dari desain kain batik saat ini juga terus dikembangkan. Tidak hanya parang atau kawung semua, banyak motif baru yang diciptakan para perajin batik untuk memperkaya khasanah batik,” imbuhnya. Demikian anak – anak muda yang suka menciptakan desain busana sendiri juga, bisa membeli kain batik dan membuat busana sendiri yang tentunya berbeda dari yang ada di pasaran. (pur)