Denpasar (Bisnis Bali) – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar di bawah kepemimpinan Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, bersama Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, dalam mengembangkan ekonomi kreatif  di Denpasar membuat sejumlah kementerian melakukan kerjasama kesepahaman tentang proyek percontohan Pusat Pengembangan Keahlian (Skill Development Centre).

Deretan kementerian tersebut diantaranya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Perindustrian.

Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Sumarna mengatakan, beberapa Kementerian memilih Kota Denpasar dalam kerjasama ini karena Pemerintah Kota Denpasar sangat komitmen dalam meningkatkan ekonomi kreatif.

Selain itu, Kota Denpasar merupakan Kota berbudaya yang berorentasi pada pariwisata. Tidak hanya itu Pemerintah Kota Denpasar juga sangat komitmen dan getol dalam mengembangkan SDM dengan ekonomi kreatifinya. ‘’Atas dasar itulah Kota Denpasar dipilih dalam jalinan kerja sama yang akan diresmikan pada awal Februari mendatang, sebagai kado HUTke 230 Kota Denpasar,’’ ungkapnya saat Rapat Pembahasan Draft MoU FDG dengan Bapenas Pusat, belum lama ini, di Ruang Praja Madya Kantor Wali Kota Denpasar.

Setelah MoU ditandatangani Wali Kota Denpasar, dilanjutkan MoU dengan OPD teknis untuk menindak lanjuti MoU yang telah disepakati. Di antara OPD yang akan melakukan MoU adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Denpasar, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kota Denpasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Dinas Pariwisata Kota Denpasar dan Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar langsung menjalin kerjasama dengan Kementerian terkait.
Hal tersebut karena setiap kementerian mempunyai program di bidang masing-masing, terutama dalam meningkatkan SDM antar nasional. Untuk merealisasikan program kementerian pusat instrumennya berada di pemerintah daerah terutama di masing-masing OPD.

Dengan menjalin kerjasama ini ia berharap adanya antara kebutuhan dan  tuntutan yang seimbang di dunia industri sehingga dapat meningkatkan dunia kerja, pendidikan dan pelatihan.

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengucapkan terima kasih kepada beberapa Kementerian telah memilih Kota Denpasar untuk bekerja sama tentang proyek percontohan pusat pengembangan keahlian.  Kerjasama yang akan disepakati awal Februari mendatang menjadi kado yang istimewa HUT ke-230 Kota Denpasar.
Menurut Rai Iswara, Pemkot Denpasar di bawah kepemimpinan Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Wali Kota, IGN Jaya Negara memang sangat berkomitmen meningkatkan SDM di Kota Denpasar dan melestarikan kebudayaan Bali. (sta)