Pasar Produk Perawatan Wajah untuk Pria kian Meningkat

37

Denpasar (Bisnis Bali) – Bukan hanya wanita, perawatan wajah pria juga perlu dilakukan dengan membersihkan wajah untuk menghilangkan minyak, kotoran, keringat, dan sel-sel kulit mati, sehingga penjualan produk perawatan wajah pria belakangan ini kian meningkat.

Menurut Widya, salah seorang penjaga konter kosmetik di kawasan Denpasar, Senin (15/1), permintaan terhadap produk perawatan wajah untuk pria kian meningkat belakangan ini. ‘’Penjualan kami mencapai puluhan varian per hari,’’ ujarnya.

Lanjutnya, angka konsumsi produk perawatan kulit oleh pria saat ini mencapai 25-30 persen dari produk yang dikonsumsi wanita. ‘’Kaum pria semakin peduli merawat kulit dan wajah, khususnya untuk produk yang simpel dan praktis, terlebih dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh,’’ ungkapnya.

Katanya, belakangan ini makin banyak pria metroseksual yang peduli pada penampilan. Perusahaan-perusahaan produk perawatan kulit juga mulai gencar menggelontor produk-produk terbarunya ke pasaran.

Widya menjelaskan, kulit wajah pria sangat berbeda dengan kulit wajah wanita, sehingga pihaknya juga menyediakan produk tidak hanya khusus untuk wanita, namun juga khusus untuk pria, yang setiap harinya selalu ada konsumen yang membelinya.

“Salah satu produk yang banyak dilirik kaum pria adalah, produk perawatan wajah yang mengandung ramuan seperti aloe vera atau tumbuhan lidah buaya, garam laut dan kelapa, ” jelasnya.

Lanjut dia, minyak antiseptic yang natural, seperti terbuat dari lavender, hingga tanaman teh juga banyak dibeli kaum pria.  “Wajah kulit pria tidak sulit untuk dirawat. Hanya memerlukan beberapa menit sehari bagi perawatannya, untuk mempunyai kulit yang sehat,’’ jelasnya. Apalagi, kulit pria lebih rentan menimbun komedo yang terjebak dalam pori-pori kulit. Kulit pria juga lebih banyak mengeluarkan minyak, dibandingkan dengan kulit wanita. “Itulah alasan kenapa pria perlu perawatan wajah (facial) seperti halnya wanita agar kulit wajahnya tetap sehat,’’ katanya.

Widya menambahkan, kaum pria memiliki kimia tubuh yang berbeda dan jenis kulit yang unik jika dibandingkan dengan wanita, sehingga memang membutuhkan formulasi dan teknik perawatan yang berbeda dari segala macam perawatan yang disediakan untuk wanita. Pihaknya tidak menutup kemungkinan, bahwa masih ada pria yang menganggap perawatan kulit wajah tidak diperlukan untuk pria dan hanya diperlukan untuk wanita. “Facial dan perawatan wajah mempunyai kesan hanya untuk wanita. Meskipun pria zaman sekarang sudah banyak juga yang sangat memperhatikan perawatan tubuh dan wajah, ” tandasnya. (aya)