Suku Bunga Kredit BPR Ikuti Ketentuan LPS

145

Mangupura (Bisnis Bali) – Bank perkreditan rakyat (BPR) dalam melakukan fungsi intermediasi mengikuti ketentuan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sekretaris DPK Perbarindo Badung, Wayan Eka Sudirta, Minggu (14/1) mengatakan, BPR akan menyesuaikan suku bunga dana pihak ketiga (DPK) dan suku bunga kredit sesuai dengan suku bunga LPS.

Ia mengungkapkan, pada triwulan ketiga 2017 LPS sudah menurunkan suku bunga penjaminan simpanan rupiah di bank umum turun dari 6,25 persen menjadi 6 persen. Sementara suku bunga penjaminan LPS  untuk BPR turun dari 8,75 persen menjadi 8,5 persen. Secara bertahap, bank umum tentunya akan melakukan penyesuaian bunga linkage yang akan disalurkan ke BPR. Dana linkage yang masih ada sebelum penurunan bunga LPS di BPR berlaku suku bunga yang lama. Secara bertahap bank umum dan BPR akan menurunkan suku bunga sesuai ketentuan bunga penjaminan dari LPS.

Dipaparkannya, penurunan bunga LPS secara perlahan akan diikuti dengan penurunan bunga kredit. Penurunan suku bunga kredit di BPR diperkirakan sampai di angka minimal  15-17 persen. (kup)