Peminat Tinggi, Novel Jadi ’’Best Seller’’

95

Singaraja (Bisnis Bali) –  Peluang bisnis jualan buku memang cukup menjanjikan dan bisa dilakukan siapa saja. Bahkan, keberhasilan beberapa negara maju tidak terlepas dari minat baca masyarakatnya yang tinggi. Terlebih lagi didukung dengan teknologi yang canggih, tentu sangat membantu khususnya dalam pemasaran. Seperti

Gusti Ayu Putu Ardaba Kory, salah satunya wirausaha muda dari Singaraja ini memanfaatkan era digital saat ini dengan berbisnis buku salah satunya novel. Cukup unik dibandingkan pebisnis yang ada saat ini, ditengah gencarnya pengguna android namun dirinya justru menawarkan sesuatu yang berbeda.

Ia mengatakan, jenis novel yang paling laris terjual saat ini adalah, karangan Tere Liye dan Boy Candra. Di mana peminat novel cukup tinggi dari semua kalangan. “Untuk novel kebanyakan mahasiswa ada juga SMP, SMA bahkan Ibu – Ibu, juga ada,” jelasnya.

Ia menjelaskan, sampai saat ini novel masih menjadi best seller dan memiliki pangsa pasarnya lebih luas dibandingkan jenis buku lainnya seperti buku perjuangan, buku motivasi, kamus dan buku bisnis. Meskipun hanya dipasarkan melalui media sosial namun ternyata buku dan novel banyak diminati.

Untuk harga satu buah buku seperti novel dibanderol mulai Rp 55.000 per pcs. “Sistem saya kerjasama, jadi modalnya 0 persen saya menjual buku di instagram dan facebook saya juga sering melakukan ‘paid promote’ dan endorse orang – orang yang hits (pengikutnya banyak-red),” imbuhnya.

Pemasaran yang didukung dengan gencarnya promosi membuatnya nyaman dalam berbisnis buku khususnya novel. Ia berharap, kedepan bisa menciptakan inovasi agar bisnis yang ia tekuni saat ini menjadi sebuah tren baru dan mampu menumbuh kembangkan peminat baca. (ira)