SEJUMLAH tanaman hias telah kehilangan penggemarnya, namun bunga asoka tetap diminati konsumen. Duka, penjual tanaman hias di Pasar Beringkit, Kabupaten Badung mengatakan, tanaman asoka selalu ada permintaan dan termasuk tanaman hias yang selalu dicari untuk menghiasi taman.

“Tanaman bunga asoka memiliki banyak penggemar karena selain dapat mempercantik halaman, cara menanam bunga asoka termasuk mudah,” tuturnya.

Bunga asoka tumbuh secara majemuk atau bergerombol. Berbeda dengan bunga mawar atau bunga lainnya yang tumbuh satu per satu.

Seiring dengan perkembangan teknologi pertanian, saat ini ada banyak pilihan warna bunga asoka yang sebelumnya hanya ada merah, kuning, serta orange. Namun saat ini ada beragam pilihan warna seperti ungu, merah muda dan lainnya. Pohon bunga asoka dapat tumbuh mencapai tinggi 7 meter.

Bibit bunga asoka dijual dengan harga mulai Rp 30 ribu, sesuai besar kecilnya. Bibit bisa dibuat dengan dua cara yaitu stek dan cangkok.

“Kalau ingin membuat stek, pilih batang yang sudah tua. Lalu potong dengan alat potong yang bersih dan higienis,” ucapnya. Penggunaan alat potong yang kotor dapat menyebabkan pohon terserang penyakit. Kemudian secepatnya masukkan kedalam air agar kesegarannya tidak berkurang sebelum akhirnya nanti dimasukkan ke dalam media semai. (pur)