Peduli Korban Erupsi Gunung Agung, LPD Sogra Beri Kemudahan Kredit

35
Pelayanan LPD Sogra yang bertempat di LPD Sukahet.  (wid) 

Amlapura (Bisnis Bali)- LPD Sogra yang terletak di radius 3 kilometer dan saat ini membuka kantor di LPD Sukahet, memberikan pelayanan optimal kepada kramanya di pengungsian. Sebagai rasa kepedulian kepada krama (masyarakat adat-red) yang melakukan aktivitas di pengungsian, LPD Sogra memberikan kemudahan terutama dari segi kredit.

Kepala LPD Sogra, I Wayan Putra, saat ditemui di Sukahet, Jumat (12/1) kemarin, mengatakan, di wilayah pengungsian kredit masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, disamping untuk mengembangkan usaha, juga untuk mengisi waktu di pengungisan dengan berjualan. Seperti menjual makanan dan sebagainya. Melihat hal tersebut, LPD Sogra memberikan kebijakan terutama dalam kredit. “Kami ingin berpartisipasi untuk membangkitkan masyarakat, di tengah situasi erupsi Gunung Agung yang terjadi hingga saat ini,” ungkapnya.

Adapun beberapa kebijakan, dijelaskannya, diantaranya, penurunan suku bunga hingga 0,2 persen per bulan bagi nasabah yang masih aktif sampai dengan 31 Desember 2017 dan berlaku 1 Januari 2018. Selanjutnya pihak LPD juga memberikan pinjaman tanpa jaminan sampai dengan Rp 5 juta untuk krama yang pernah mengikuti program LPD Sogra. Selain itu LPD juga melakukan peninjauan kembali untuk pinjaman krama dengan melakukan rekontruksi, reschedule dan rekondisi pinjaman yang disebutnya dengan 3R. LPD Sogra, juga memberikan kompensasi pinjaman bagi nasabah yang ingin memindahkan usaha di tempat baru.

Dijelaskannya, rekontruksi, reschedule dan rekondisi pinjaman, adalah peninjauan kembali perihal pinjaman yang dilakukan krama. Mulai dari menjadwalkan ulang kredit, menyesuaikan kembali bunga pinjaman, meninjau jangka waktu hingga model pembayaran seperti apa dan memberikan kebijakan-kebijakan lain yang mungkin bisa membantu. 3R ini, dikatakanya, akan diberikan jika memang dipandang perlu.  (wid)