BUAH nangka tidak hanya bisa dimakan sebagai buah segar, namun juga dapat digunakan untuk membuat berbagai produk pangan. Buah nangka memang kerap digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan aneka kue, namun belakangan buah nangka juga diolah menjadi keripik dan dodol yang daya tahannya lebih lama.

Cara pembuatan keripik nangka dan dodol nangka sangat mudah sehingga bisa dilakukan semua orang. Subandiah dari Kelompok Wanita Tani Sari Nadi, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan menuturkan, sempat mendapatkan pelatihan membuat keripik nangka dan dodol nangka. “Membuat keripik dan dodol nangka dapat meningkatkan nilai ekonomis dari buah nangka. Selain itu untuk menyiasati saat jumlah produksi berlimpah,” tuturnya.

Jenis nangka yang bagus untuk dibuat keripik adalah nangka madu, karena tekstur dagingnya berbeda dengan nangka pada umumnya. “Kalau untuk membuat keripik nangka madu paling bagus, karena teksturnya lebih renyah. Untuk membuat dodol semua jenis nangka bisa digunakan,” terangnya.  (pur)