Ekonomi Melambat, Saatnya Beli Properti di BPR

53
 LESU – Sektor properti yang jadi jaminan kredit ketika lesu bisa dijual debitur untuk melunasi angsuran kredit. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Perlambatan ekonomi yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini membuat lesunya sektor properti. Dalam kondisi seperti ini, saatnya masyarakat membeli properti yang harganya relatif lebih murah melalui bank perkreditan rakyat (BPR).

Direktur Utama BPR Kanti, Made Arya Amitaba, Selasa (9/1) mengatakan, saat perlambatan ekonomi sangat berimbas pada sektor properti. Ketika sektor properti tidak lesu berimbas pada sektor lain seperti penjualan bahan bangunan dan sektor lainnya.

Ia menjelaskan, perlambatan ekonomi saat ini makin diperparah dengan erupsi Gunung Agung. Ini berdampak pada penurunan kemampuan masyarakat dan sektor UMKM untuk membayar angsuran kredit.

Dipaparkannya, penyelesaian kredit di BPR lebih mengedepankan kekeluargaan. Debitur diberikan kesempatan menjual aset yang dijaminkan untuk memenuhi tunggakan kredit. BPR juga bisa menjual jaminan debitur yang disita.

Menurutnya, bagi masyarakat yang berkeinginan beli rumah dan investasi di properti sekarang ini saat yang tepat. “Ini dikarenakan, harga properti sangat terjangkau,” katanya.(kup)