Pemulihan Pariwisata, Bali mesti Gencar  Promosi

28
Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma

Denpasar (Bisnis Bali)- Dampak Bencana Gunung Agung masih dirasakan 2018 dengan belum pulihnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali. Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma Minggu (7/1) mengatakan dalam masa recovery atau pemulihan pariwisata Bali harus menggencarkan promosi pariwisata di dalam dan luar negeri.

Diungkapkannya, promosi di dalam negeri dengan melaksanakan festival pariwisata guna menggaet wisatawan ke Bali. Festival pariwisata ini diharapkan menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang berlibur ke Bali.

Ia menjelaskan pelaksanaan festival tetap mengedepankan pariwisata budaya yang selama ini tumbuh dan berkembang di Bali.

Kegiatan festival budaya bisa dilaksanakan seluruh kabupaten/kota di Bali. Daya tarik yang ditampilkan dalam festival budaya tentu menampilkan keunikan budaya masing-masing.

Dipaparkannya, even festival yang akan diselenggarakan di Bali ini selanjutnya mesti dipromosikan ke pasar mancenegara termasuk melalui media sosial. Festival budaya bisa digunakan untuk menjaring wisman terutama dalam masa recovery pariwisata Bali pasca bencana Gunung Agung.

Lebih lanjut dikatakannya, recovery pariwisata Bali memerlukan usaha serius dari semua komponen seperti Pemerintah Daerah Bali, pemerintah pusat, industri pariwisata, dan masyarakat luas. Ini dalam hal mempromosikan pariwisata Bali baik di dalam maupun luar negeri. (kup)