Dituangkan di Atas Endek, Kain Lukis Miliki Zegmen Pasar Berbeda

43
Salah satu inovasi kain lukis yang dijadikan pakaian casual dengan bahan dasar endek. (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Berbagai inovasi kain lukis, mulai dari kebaya hingga pakaian casual diciptakan untuk mampu meraih dan mempertahankan pasar. Demikian pula seni lukis yang dituangkan di atas kain endek mampu menarik pasar terutama pasar nasional.

Salah seorang perancang kain lukis, Ida Ayu Harmaita Wijayanti, saat ditemui di Denpasar, mengatakan, penuangan seni lukis di atas kain endek merupakan inovasi baru yang mampu menarik minat masyarakat, yang tidak hanya lokal, namun juga nasional.

Berbeda dengan seni lukis yang dituangkan dalam kain katun ataupun sutra yang biasa digunakan kebaya oleh masyarakat lokal, seni lukis pada kain endek lebih diinovasi untuk pakaian jadi baik dari formal ataupun casual. Jenis pakaian inilah yang mampu menarik masyarakat khususnya nasional. “Biasanya jenis pakaian jadi casual lebih disukai oleh pejabat yang sebelumnya sempat tugas di Bali. Pangsa pasar pun lebih kepada menengah ke atas,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, sebelumnya kain lukis biasanya difungsikan untuk kebaya dan pangsa pasar lebih kepada masyarakat lokal. Namun dengan inovasi lukis di atas kain endek, memberikan kesan yang lebih indah, modern dan menarik, sehingga mampu menarik minat masyarakat secara lebih luas.  (wid)