Wisman Tiongkok Dominasi Kunjungan Wisatawan ke Bali

55

Denpasar (Bisnis Bali) – Wisatawan Tiongkok pada 2017 menduduki urutan pertama kunjungan wisatawan ke Bali. Sementara Australia yang selama ini menduduki urutan puncak, saat ini berada di urutan kedua.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha Putra di sela-sela pertemuan dengan Konjen RRT di Sanur , Jumat (5/1) mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara  (wisman) Tiongkok ke Bali dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Itu terlihat dari data jumlah wisman Tiongkok ke Bali hingga Oktober 2017 mencapai 1,3 juta jiwa sehingga menggeser Australia ke urutan nomor dua yaitu mencapai menjadi  1 juta jiwa.

“Kami harapkan pada 2018 makin banyak jumlah wisman Tiongkok ke Bali,” katanya.

Ia berharap dengan adanya buku panduan pariwisata Bali bagi warga Tiongkok bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Para guide juga harus berperan untuk memberitahukan kepada wisman agar tidak melakukan hal-hal yang kurang baik.

Sementara itu, Pejabat Konjen RRT di Denpasar Chen Wei mengatakan, animo warga Tiongkok ke Bali sebenarnya tergolong tinggi namun adanya musibah Gunung Agung yang mempengaruhi penutupan Bandara Ngurah Rai cukup mempengaruhi  jumlah kunjungan.

“Hingga Oktober 2017 total warga Tiongkok yang berkunjung ke Bali mencapai 1,37 juta jiwa atau meningkat 30 persen dari tahun lalu. Jika tidak ada erupsi Gunung Agung jumlah warga Tiongkok yang ke Bali bisa mencapai 1,5 juta jiwa, ” katanya.  (dik)