HPI Perjuangkan Lisensi ”Guide” Seumur Hidup

61
BERLIBUR – Pramuwisata sedang menangani wisatawan yang berlibur di Bali. (kup)

Denpasar (Bisnis Bali) – Profesi sebagai pramuwisata dihadapkan tantangan pasang surutnya pasar pariwisata Bali. Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, Nyoman Nuarta, Jumat (5/1) mengatakan, untuk memberikan  apresiasi atas pengabdian sebagai pramuwisata, HPI perjuangkan lisensi seumur hidup bagi guide senior yang telah bekerja lebih dari 25 tahun.

Diungkapkannya, lisensi pramuwisata seumur hidup didasarkan keinginan DPD HPI Bali memberikan apresiasi kepada guide senior di HPI. Hal ini diberikan kepada guide senior terutama yang sudah bekerja selama 25 tahun.

Ia menjelaskan, HPI selaku asosiasi tidak bisa memberikan apresiasi dalam bentuk dana atau materi. Untuk itu, HPI mendorong pemerintah utamanya Pemprov Bali, memberikan lisensi seumur hidup tersebut.

Dipaparkannya, DPD HPI meminta kepada Gubernur Bali, dan diiyakan. Lisensi seumur hidup akan dikeluarkan Dispar Bali untuk apresiasi guide senior

Lebih lanjut dikatakannya, aspek yuridis Perda No. 41/2009 sempat mengatur lisensi guide seumur hidup. Selanjutnya dalam Pergub 2018 diharapkan bisa dipertegas penerapan lisensi seumur hidup. (kup)