Budi Daya Mangga Apel Bernilai Ekonomi Tinggi

162

JENIS varietas buah mangga yang ditanam di Indonesia cukup beragam, dari yang kualitas lokal maupun varietas impor banyak dijumpai di Indonesia ini. Apabila dikembangkan lebih lanjut baik dikawinkan silang antara mangga satu dengan varietas mangga yang lain, juga bisa memunculkan jenis varietas mangga baru. Seperti hanya di Kabupaten Buleleng beberapa varietas mangga mampu tumbuh subur, bahkan Kabupaten Buleleng menjadi pemasok buah mangga terbesar di Bali.

Salah satu jenis mangga yang saat ini sedang memasuki musim panen di Buleleng yaitu mangga apel. Buah ini banyak dijumpai di kawasan Buleleng Timur seperti Kubutambahan. Mangga ini cukup memiliki keunikan tersendiri dari cara membudidayakannya, selain bentuknya yang mirip dengan buah apel dengan kulit hijau kemerah-merahan pada pangkalnya juga memiliki kekhasan dari rasa dan aromanya.

Masyarakat di Bali khususnya di Buleleng lebih mengenal dengan sebutan mangga brazil. Di pasar tradisional, modern hingga pasar pariwisata mangga yang satu ini cenderung memiliki nilai jual tinggi di pasaran mencapai Rp 40.000/kilogramnya. Karena itu, mangga jenis ini sudah banyak yang mulai membudidayakannya karena peluang bisnisnya dipandang menjanjikan. (ira)