LPD Jungutbatu Berikan Kontribusi dari Kegiatan Adat hingga Pendidikan

28

Semarapura (Bisnis Bali)- Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD), selalu berupaya untuk berkontribusi kepada masyarakat khususnya di desa pakraman. Hal ini pula yang dilakukan LPD Desa Pakraman Jungutbatu, yang mulai dari memfasilitasi kegiatan keagamaan masyarakat hingga dunia pendidikan.

Kepala LPD Jungutbatu, saat ditemui, di Nusa Lembongan, Kamis (28/12) kemarin, mengatakan, fasilitas kegiatan adat yang diberikan LPD Jungutbatu berupa pembiayaan piodalan yang dianggarkan setiap tahunnya. “Setiap penyelenggaraan upakara yadnya semua kami tanggung dalam kurun waktu satu (1) tahun,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mengapresiasi kinerja prajuru adat maupun dinas, LPD Jungutbatu juga memberikan insentif setiap bulannya yang dianggarkan hingga Rp 100 juta per bulan. Adapun prajuru yang mendapatkan insentif mulai dari pemangku, kelian adat maupun kelian dinas, kepala desa, pecalang hingga BPD. Disamping itu, untuk gaji juga diberikan kepada bendesa adat setiap bulannya. Tidak tangung-tangung, hal ini dianggarkan hingga Rp 100 juta setiap bulannya.

“Kita berikan ini semua berdasarkan keputusan bersama dalam paruman adat. Ini positif, karena menyangkut kinerja mereka untuk desa adat, dan LPD juga milik desa adat, sehingga sangat wajarlah jika LPD memberikan semua itu,” ungkapnya. (wid)