LPD Mini Sekolah, Mampu Tingkatkan  DPK di LPD Kesiman

286

Denpasar (Bisnis Bali) – LPD Mini Sekolah yang di-launching LPD Kesiman beberapa bulan lalu, mampu menambah dana pihak ketiga (DPK), khususnya tabungan. Meskipun tidak terlalu banyak, namun dengan adanya LPD yang menyasar siswa SD dan SMP di wilayah Desa Adat Kesiman ini mampu membuat jumlah tabungan di LPD Kesiman melebihi dari yang ditargetkan.

Kepala LPD Kesiman, Drs. I Wayan Rayun, MBA., saat ditemui Rabu (27/12) mengatakan, jumlah tabungan di LPD Kesiman saat ini telah mencapai Rp 68 miliar dari target hingga akhir Desember nanti Rp 66 miliar. “Keberadaan LPD Mini Sekokah tentu memberi kontribusi terhadap peningkatan jumlah tabungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, LPD mini sekolah tersebar di tiga (3) SD dan satu (1) SMP, dengan sistem pengelolaan dilakukam oleh salah seorang staf sekolah. Program LPD Mini diberikan kepada sekolah dan tiap bulannya neraca LPD Mini dicek oleh LPD Kesiman.

Selain mengajarkan anak-anak menabung dari sejak dini, LPD Mini Sekolah juga dikatakannya sebagai upaya pengenalan keberadaan LPD kepada anak-anak. Tidak hanya sebatas tabungan sukarela, pada LPD Mini Sekolah ini juga diarahkan tabungan program.

“Misalnya orang tua siswa yang ingin mempersiapkan dana sekolah anaknya pada jenjang yang lebih tinggi nantinya. Orang tua yang bersangkutan bisa mengikuti tabungan program mungkin Rp 2.000 per hari, sesuai kebutuhan dana dan kemampuan dari orang tua siswa itu sendiri,” jelasnya. (wid)