Wabup Suiasa Serahkan Dana Rp 500 Juta Dukung Upacara Atma Wedana Desa Adat Sembung-Sobangan

59
istMEMUKUR - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara Atma Wedana, memukur/nyekah bersama dan mesangih, mepetik/metelu bulanan dan meperas gratis di bangsal (Kantor LPD), Desa Adat Sembung Sobangan, Kamis (21/12) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara Atma Wedana, memukur/nyekah bersama dan mesangih, mepetik/metelu bulanan dan meperas gratis di bangsal (Kantor LPD), Desa Adat Sembung Sobangan, Kamis (21/12) lalu. Guna mendukung upacara tersebut, Wabup Suiasa menyerahkan dana Rp 500 juta. Turut mendampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Tripika Kecamatan Mengwi, Perbekel Sembung I Made Karyana, Bendesa Adat Sembung Sobangan I Made Artha serta tokoh masyarakat setempat.

Di depan  masyarakat Desa Sembung Sobangan, Wabup Suiasa memberikan apresiasi kepada krama Desa Adat Sembung Sobangan yang sudah menggelar upacara Atma Wedana, memukur/nyekah bersama dan mesangih, mepetik/metelu bulanan dan meperas secara gratis. “Ini adalah bentuk nyata keberpihakan desa kepada masyarakatnya dalam melaksanakan upacara tanpa biaya sehingga dapat mengurangi beban masyarakat,” ungkap Suiasa.

Lebih lanjut Suiasa berkomitmen memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bidang agama, adat, seni dan budaya, salah satunya nyekah bersama ini. “Melalui pemberian dana hibah ini semoga dapat membantu masyarakat Desa Adat Sembung Sobangan dalam melaksanakan upacara Atma Wedana bersama ini,” imbuh Suiasa.

Bendesa Adat Sembung Sobangan I Made Artha mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Badung Rp 500 juta. Dana ini akan digunakan untuk menopang pembiayaan karya memukur/nyekah bersama dan mesangih, mepetik/metelu bulanan dan meperas bersama. Pelaksaaan karya memukur diikuti oleh 48 sawa, potong gigi/mepandes 40 orang, mepetik/metelubulanan 7 orang dan meperas diikuti oleh 53 orang. (ad 2.278)