’’Surface’’ Desain Endek Berikan Kesan Mewah pada Pakaian Pengantin

114

Denpasar (Bisnis Bali)- Pakaian pengantin Bali khususnya yang digunakan pada acara resepsi pernikahan, kian menampilkan inovasi menarik terkesan mewah, jadi pilihan  masyarakat banyak. Selain songket yang mampu menyajikan kemewahan dalam pakaian pengantin Bali, saat ini kain endek yang desain kain disurface juga memberikan kesan mewah pada modifikasi pakaian pengantin Bali.

Salah seorang desainer kebaya dan pakaian pengantin, Desak Made Arisanthi Dewi, Saat ditemui, Rabu, mengatakan, surface endek atau endek yang diberi tambahan prada khusus kain, memberikan tampilan mewah pada kain endek ini.

Selain mewah, sifat kain endek yang mudah diolah, memberikan nilai plus pada jenis kain ini saat dijadikan pakaian pengantin Bali. “Model pakaian pengantin pun bisa kita modifikasi sedemikian rupa, karena sifat kain endek yang ringan, tidak seperti songket yang memiliki tekstur berat, sehingga sangat susah untuk di modifikasi,” jelasnya.

Warna-warni pada endek yang dipadukan warna keemasan dari prada juga memberi tampilan indah pada jenis kain ini. Kain ini, dikatakanya, sangat cocok dipadukan dengan kebaya yang menjadi tren pakaian pengantin saat ini. “Pilihan warnanya pun banyak, yang memberi banyak pilihan untuk dikombinasikan dengan kebaya,” ungkapnya. (wid)