Relawan Anti  Narkoba  Garda  Terdepan  Cegah Penyalahgunaan Narkoba

30
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gianyar mengukuhkan relawan anti narkoba di Stage Barong Denjalan Batubulan Sukawati, Kamis (21/12).  (kup)

Gianyar (Bisnis Bali) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gianyar mengukuhkan relawan anti narkoba di Stage Barong Denjalan Batubulan Sukawati, Kamis (21/12). Pengukuhan dilakukan oleh Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Suastawa, S.H., dihadiri juga oleh Kepala BNN Kabupaten Gianyar, AKBP Made Pastika, S.H., M.H. beserta jajarannya dan Kepala Desa Batubulan, Kelian adat dan dinas se-Desa Batubulan.

Kepala Desa Batubulan Dewa Sumertha mengatakan  generasi muda secara ikhlas akan mendeklarasikan diri yang nanti akan dikukuhkan oleh bapak jendral sebagai relawan anti narkoba di lingkungan sekolah sekaligus dilingkungan rumah tangga dan sekitarnya. Mereka merupakan anak-anak dari SMA Negeri 1 Sukawati dan Pecalang Desa Adat Batubulan sebanyak 32 orang.

Diharapkan petugas yang dijadikan relawan ini mengetahui misinya yaitu menyelamatkan masyarakat Bali pada umumnya dari peredaran narkoba, serta mempunyai tugas mulia untuk membantu masyarakat Kabupaten Gianyar dan Desa Batubulan pada khususnya untuk menjauhi narkoba. “Kami di desa sedang merancang suatu peraturan bersama kaitan dengan bagaimana desa bisa berperan di dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat menjadi bagaian dari program pemberantasan narkoba masuk ke desa,” sambungnya.

Ia juga menambahkan generasi muda kita ke depan harus disiapkan sejak dini karena bagaimana mungkin generasi muda bisa berdaya apabila hidupnya dipenuhi dengan hayalan karena tidak sadar bagaimana membangun generasi muda jika dimasuki oleh orang yang mempunyai kepentingan.
Bupati Gianyar yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta berharap relawan anti narkoba dapat membantu mendorong dan meningkatkan peran aktif masyarakat di Kabupaten Gianyar dalam pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Diperlukan upaya terpadu dan kepedulian semua pihak dalam ikut serta mencegah dan menanggulangi munculnya kasus-kasus penyalahgunaan narkoba. Relawan ini nantinya diharapkan sebagai penggerak penyebarluasan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba serta mampu mendorong aktivitas pencegahaan secara mandiri baik di lingkungan kerja, pendidikan dan masyarakat.

Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs. I Putu Suastawa, S.H. berharap agar Desa atau pemerintah memperhatikan kesejahteraan Pecalang. Karena sesuai tugasnya pecalang harus mempunyai keberanian membela yang benar, mempunyai kepekaan individual disamping kecerdasan berfikir, taat kepada Tuhan Hyang Maha Esa, di samping itu seorang pecalang harus mampu membimbing dan mendidik yang baik-baik, karena Konsep hidup tidak bisa terlepas dari konsep Rwa Bineda ada baik dan ada yang jelek, tapi kita jangan melakukan yang buruk lakukanlah yang baik. (kup)