Perbarindo Bali Salurkan Bantuan bagi Pengungsi Gunung Agung  

23
BANTUAN - Pengurus DPD Perbarindo Bali dan DPK Perbarindo Bali Timur bersama OJK Bali Nusra, menyerahkan bantuan di Posko Bencana Tanah Ampo Manggis  diterima langsung Bupati Karangasem, Gusti Ayu Mas Sumatri.

Amlapura (Bisnis Bali) – Pengurus DPD Perbarindo Bali dan DPK Perbarindo Bali Timur bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bali Nusra, menyerahkan bantuan kepada korban pengungsi Bencana Gunung Agung, Rabu (20/12). Penyerahan bantuan kepada warga yang terdampak bencana Gunung Agung di Posko Bencana Tanah Ampo Manggis  diterima langsung Bupati Karangasem, Gusti Ayu Mas Sumantri.

Ketua DPD Perbarindo Bali, Ketut Wiratjana di sela-sela acara penyerahan bantuan di Posko Bencana Tanah Ampo mengatakan, industri perbankan khususnya bank perkreditan rakyat (BPR) tentu tidak hanya mencari keuntungan. Di samping itu BPR dalam wadah Perbarindo wajib  berempati kepada masyarakat Karangasem khususnya yang terdampak bencana Gunung Agung

Ia menjelaskan, ada empat BPR anggota Perbarindo Bali yang terdampak langsung dengan bencana Guning Agung. Industri BPR termasuk sektor usaha yang terdampak langsung bencana Gunung Agung mesti optimis dan lebih meningkatkan kinerja.

Wiratjana memaparkan, Perbarindo berharap OJK selaku regulator diminta tetap memberi perhatian khususnya kepada industri BPR di Bali. Ini tentu dengan beberapa kebijakan untuk menjadikan industri tetap dalam keadaan sehat

Sekretarias DPD Perbarindo Bali Ketut Komplit mengatakan, penyerahan sumbangan tahap I  Rp 100 juta dalam kebutuhan pokok dan uang tunai diterima langsung oleh Bupati Karangasem di Pos Komando Tanah Ampo dan panitia pengungsi di GOR  Suweca Pura. Bupati Karangasem juga menyempatkan bertemu pegawai BPR yang ikut mengungsi akibat bencana Gunung Agung.

Ketut Komplit menambahkan untuk tahap sumbangan tahap II Perbarindo akan menyalurkan bantuan senilai Rp 50 juta. Bantuan tersebut rencananya akan diserahkan ke pos pengungsi Bencana Gunung Agung di Bangli dan Buleleng.

Kepala OJK Regional XIII Bali dan Nusa Tenggara Hizbullah yang hadir dalam acara tersebut mengatakan upaya Perbarindo membantu warga terdampak bencana Gunung Agung merupakan bagian komitmen BPR dan Perbarindo Bali untuk  membantu sektor UMKM. OJK akan terus mendorong industri perbankan untuk terus membantu sektor UMKM terutama yang berada di wilayah Karangasem. Diharapkan setelah kondisi Karangasem pulih, sektor UMKM bisa hidup tumbuh dan berkembang kembali. (ad 2.264)