Hadiri Ngenteg Linggih di Darmasaba Wabup Suiasa Serahkan Dana Aci Rp 250 Juta

46
NGENTEG LINGGIH - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Upacara Ngenteg Linggih di Pura Kahyangan Prajepati Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Rabu (20/12) lalu.

Mangupura (Bisnis Bali) – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Upacara Ngenteg Linggih di Pura Kahyangan Prajepati Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Rabu (20/12) lalu. Kehadiran Wakil Bupati disambut Panitia Karya I Made Karyawan dan Klian Pura I Wayan Sugiarta serta seluruh masyarakat Desa Darmasaba. Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Badung Made Ponda Wirawan, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, serta tokoh masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa menyerahkan dana aci Rp 250 juta guna mendukung karya Ngenteg Linggih tersebut.

Wakil Bupati Badung Suiasa memberikan apresiasi kepada masyarakat penyungsung Pura Kahyangan Prajepati Desa Darmasaba yang sudah melaksanakan upacara Ngenteg Linggih sebagai wujud telah selesainya pembangunan Pura Kahyangan Prajepati. Diharapkan, karya ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat. ”Kehadiran kami selaku pemerintah ikut ngerastitiang semoga melalui upacara ini kita semua diberi keselamatan dan kesejahteraan,” katanya.

Dijelaskan, bantuan pemerintah dalam pembangunan ini merupakan bentuk kongkret pelaksanaan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Salah satunya dalam upaya mendukung dan melestarikan seni, adat, agama, dan budaya di Kabupaten Badung.

Ketua Panitia I Made Karyawan melaporkan, Karya Ngenteg Linggih ini dilaksanakan serangkaian telah selesainya pembangunan Pura Dalem Kahyangan Prajepati Desa Adat Darmasaba. Suksesnya pembangunan Pura ini tidak terlepas dari bantuan Pemerintah Kabupaten Badung. Selain itu untuk dana aci juga didukung penuh oleh Pemkab Badung . “Kami atas nama krama Desa Adat Darmasaba menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemkab Badung. Kami akan siap mendukung progam dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Badung,” terangnya.

Ditambahkan, dudonan karya Ngenteg Linggih telah dimulai sejak Sukra Kliwon Sungsang, 27 Oktober 2017 lalu. Sementara puncak karya akan dilaksanakan pada Anggara Kliwon Tambir 26 Desember 2017.  Dari puncak karya Ida Betara akan nyejer selama tiga hari dan masineb pada Sukra Poon Tambir 29 Desember 2017 mendatang. (ad 2.266)