Panen Stroberi, Jadi Daya Tarik Wisata

123

Singaraja (Bisnis Bali) –  Kawasan wisata di Kecamatan Sukasada, Buleleng menyimpan keindahan alam yang cukup menarik. Tidak heran saat ini, wisata agro juga sedang naik daun, dan menjadi salah satu alternatif tempat wisata dan mulai banyak digemari wisatawan.

Berdasarkan pantauan Bisnis Bali di Dusun Buyan, kebun stroberi milik petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Buyan Berry, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan dan hamparan tanaman stroberi yang luasnya mencapai satu hektar. Bahkan, wisatawan yang berkunjung disuguhkan buah merah mungil dan asam manis yang bisa dipetik sendiri.

Wayan Seria, salah seorang petani stroberi di kawasan Desa Pancasari, Selasa (19/12) mengatakan, selain untuk dibudidayakan juga sebagai wisata agro di desanya. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung untuk memetik dan menikmati buah langsung dari kebunnya. Bahkan beberapa waktu lalu dirinya mendapat kunjungan wisatawan dari Thailand dan Jepang. Di samping tujuan mereka berwisata ke Bali khususnya Buleleng, wisatawan juga tetarik akan cara menanam stroberi yang prosesnya masih menggunakan cara yang tradisional. Buah stroberi ini juga dikirim ke sejumlah daerah di Bali dan Jawa. (ira)