Bina Pengelolaan Limbah DLH Gianyar Sidak ke Padangtegal

29
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuapten Gianyar melakukan sidak pengelolaan limbah ke sejumlah pengusaha pariwisata dan rumah tangga di Seputaran Desa PakramanPadangtegal, Ubud. (kup)

Gianyar (Bisnis Bali)- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gianyar melakukan sidak pengelolaan limbah ke sejumlah pengusaha pariwisata dan rumah tangga di Seputaran Desa Pakraman Padangtegal, Ubud, pada Minggu (17/12). Sidak ini bertujuan untuk memberikan pembinaan pengelolaan limbah agar tidak merusak lingkungan.

Kepala DLH Gianyar Wayan Kujus Pawitra menjelaskan sidak yang dilakukan Minggu melibatkan Desa Adat Padangtegal, Lurah Ubud, Petugas Satpol PP, Bagian Hukum Pemkab Gianyar hingga pihak TNI/Polri.  “Sidak ini dalam rangka melakukan pembinaan baik kepada para pelaku  usaha, rumah makan, restoran, hotel dan juga rumah tangga, dalam kaitannya dengan pengelolaan limbah,’’ katanya.

Berdasarkan hasil pengecekan tim gabungan itu ditemukan pembuangan limbah ke got hingga ke hamparan sawah. “Banyak yang masih membuang limbah begitu saja, baik ke got, parit dan ada juga yang dibuang ke irigasi sawah, jadi kasian sawah kita, sangat mengotori dan berbahaya, karena limbah itu tidak bisa dipastikan unsur apa yang ada di dalam limbah,’’ ucapnya.

Para pelaku yang melakukan tindakan ini pun didata oleh DLH Gianyar, untuk selanjutnya akan dilakukan pemanggilan. ‘’Ini sudah didata dan difoto, nanti mereka yang melakukan pembuangan limbah sembarang akan dipanggil, paling cepat seminggu ini akan dilakukan pertemuan untuk memberikan pembinaan,’’ katanya. (kup)