Jejaring Wisata Percepat “Recovery” Pariwisata Bali

778
Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma

Denpasar (Bisnis Bali) – Jejaring wisata dibuat untuk mempercepat recovery pariwisata Bali akibat dampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung. Recovery pariwisata Bali ini memerlukan usaha serius dari semua komponen seperti pemerintah daerah, pemerintah pusat, industri dan masyarakat luas sebagai bagian dari jejaring wisata di Bali.

Ketua INCCA Bali, IB. Surakusuma, Senin (18/12) mengatakan, recovery pariwisata Bali terutama harus dimotori oleh Pemprov Bali dan pelaku industri pariwisata. Ini dengan mulai mempelajari sektor pasar-pasar yang mana saja yang selama ini menjual Bali.

Ia menjelaskan, pemulihan pariwisata menjadi skala prioritas. Bali memulai memilah antara pasar domestik dan internasional.

Dipaparkannya, Bali harus mempromosikan Bali aman dengan melibatkan perwakilan Indonesia di luar negeri baik konsul maupun kedutaan. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan industri pariwisata melakukan terobosan-terobosan recovery Bali.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaku pariwisata yang memiliki kemampuan memasarkan Bali mesti lebih banyak berperan dalam recovery Bali. Mereka bisa membuat story teller yang mengetengahkan keadaan Bali yang sesungguhnya. (kup)