Perhatikan Masyarakat Kurang Mampu, Keberadaan LPD Beri Subsidi Silang untuk Masyarakat

22
Ketua BKS-LPD Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si (wid)

Denpasar (Bisnis Bali)- Seperti diketahui LPD yang merupakan milik masyarakat desa adat, dan keuntungan dari LPD akan kembali kepada desa adat. Dengan demikian kebaradaan LPD juga dikatakan memberikan subsidi silang bagi masyarakat dan secara tidak langsung masyarakat dapat membantu masyarakat lain yang kurang mampu melalui LPD.

Hal tersebut diungkapkan Ketua BKS-LPD Provinsi Bali, Drs. I Nyoman Cendikiawan, S.H., M.Si, saat di temui di Denpasar, Rabu (13/12) kemarin. Dia mengatakan, LPD memberikan kontribusi kepada masyarakat, demikian sebaliknya kepercayaan masyarakat terhadap LPD dengan menaruh ataupun meminjam dana di LPD, tentu mampu mewujudkan perkembangan LPD. “LPD berkembang, laba bertambah, kontribusi LPD kepada masyarakat juga semakin tinggi,” ungkapnya.

Dikatakannya, masyarakat kurang mampu juga akan diringankan bebannya, baik melalui bantuan yang diberikan secara langsung oleh LPD, ataupun tidak ada pengeluaran biaya oleh masyarakat untuk keperluan upacara ataupun pembangunan desa adat.

Lebih lanjut dia mengatakan, di tengah persaingan bunga rendah oleh lembaga keuangan lainnya terlebih perbankan, LPD tetap mampu menjadi pilihan masyarakat, karena sistem subsidi silang yang diberikan.

“Dalam hal ini kita berusaha merubah militansi masyarakat, jika LPD yang dimiliki berkembang baik, maka keuntungan yang diberikan ke masyarakat juga makin baik. Jadi militansi sebagai wujud subsidi silang ini bisa membantu krama yang kurang mampu,” ungkapnya. (wid)