Perkuat Seni Budaya, LPD Manfaatkan Naker Lokal

28

Gianyar (Bisnis Bali) – Adanya pandangan negatif tenaga kerja Bali karena banyak libur, mendorong investor mencari tenaga kerja non-Hindu. Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali sepenuhnya menggunakan tenaga kerja lokal.

Ketua Bidang Organisasi Kadin Gianyar, Nyoman Cendikiawan di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan “Bali Banyak Libur”, Jumat (8/12) mengatakan, LPD sebagai lembaga keuangan adat sudah tentu karyawan merupakan masyarakat lokal. “LPD tentunya murni menggunakan tenaga kerja lokal,” katanya.

Ia menjelaskan, LPD tentunya sangat  memahami tentang kegiatan adat istiadat di Bali. LPD tentunya tidak pernah  memberhentikan karyawan karena alasan banyak libur.

Dipaparkannya, tenaga kerja di LPD sebaliknya diharapkan memperkuat keberadaan seni dan budaya Bali. Ini dikarenakan pengembangan dan pelestarian budaya merupakan upaya membangun Bali.

Ketua BKS LPD Provinsi Bali ini menegaskan, LPD sudah proaktif mendorong pembangunam Bali. Ini termasuk memanfaatkan tenaga kerja lokal untuk operasional LPD.

Nyoman Cendikiawan menegaskan, LPD di Bali saat ini hampir mempekerjakan 8.000 orang tenaga lokal. Pemanfaatan tenaga lokal ini diharapkan mengurangi arus urbanisasi. Di sinilah peran LPD memanfaatkan tenaga lokal untuk membangun Bali. (kup)