Nyoman Sudarma Kembangkan LPD

131

PENGEMBANGAN lembaga perkreditan desa (LPD), didukung dengan potensi yang ada di masing-masing desa adat.

Kepala LPD Desa Adat Tangkas, Nyoman Sudarma mengatakan, pihaknya berupaya mengembangkan potensi ekonomi desa untuk pengembangan LPD.

Diungkapkannya, LPD Tangkas berdiri 1987. Jumlah krama Desa Tangkas  terdiri dari 800 kk. Masyarakat terbagi dalam 6 banjar adat.

Nyoman Sudarma mulai bekerja di LPD Tangkas tahun 1999. Pada saat itu, aset LPD Tangkas  kurang lebih Rp 350 juta. Saat ini, aset LPD Tangkas per Juli 2016 sudah mencapai Rp 40 miliar.

Suami Ni Wayan Widiasih ini memaparkan,  potensi ekonomi masyarakat Desa Tangkas sebelumnya mengandalkan sektor pertambangan. Sekarang masyarakat beralih ke pertanian dan pedagang.

Pria kelahiran Klungkung 31 Desember 1968 mengakui,  LPD Tangkas telah memberikan banyak kontribusi terhadap pembangunan Desa Tangkas. Ini sudah dirasakan karena masyarakat tidak kena urunan untuk pembangunan Pura dan dalam kegiatan piodalan.

Dalam mengembangkan LPD Desa Tangkas, ia memiliki moto LPD dari masyarakat untuk masyarakat. LPD mengalokasikan keuntungan LPD untuk dana pembangunan desa 20 persen. Selain itu, alokasi dana sosial dari laba LPD disalurkan dalam kegiatan olah raga dan seni. ” Program ini senantiasa kami pupuk sebagai bukti jalinan masyarakat  dengan LPD Tangkas.

Nyoman Sudarma yang juga Ketua BKS LPD Kabupaten Klungkung mengatakan, akan secara optimal menjalankan program BKS LPD Klungkung  yang telah disepakati sebelumnya. Secara internal, BKS LPD Klungkung akan lebih mengoptimalkan fungsi BKS. Ini melalui pertemuan-pertemuan secara berkala di setiap kecamatan untuk menggali persoalan yang dihadapi oleh masing-masing LPD.  (kup)