Nikmati NPF, Wisatawan Antusias Ikuti Pertandingan Gebug Bantal

28
 Antusias salah seorang wisatawan asal Jerman saat mengikuti pertandingan Gebug Bantal pada acara Nusa Penida Festival 2017

Semarapura (Bisnis Bali) – Kegiatan Nusa Penida Festival (NPF) juga dimeriahkan dengan berbagai lomba tradisional, yang salah satunya lomba gebug bantal. Keseruan pertandingan gebug bantal juga dinikmati oleh wisatawan yang turut menjadi peserta dalam lomba tersebut.

Sebanyak 16 orang peserta ikut serta dalam lomba gebug bantal yang dilakukan di Pantai Mahagiri, Desa Jungut Batu, Kamis (6/12). Antusias peserta baik itu masyarakat lokal hingga wisatawan asing sangat tinggi dalam lomba ini, dilihat dari semangatnya aksi pukul bantal yang dilakukan di tengah terik matahari.

Salah seorang wisatawan asing, Kay asal Jerman, mengaku sangat senang dapat terlibat dalam lomba ini. Ia yang baru pertama kali mengikuti lomba ini, sangat terkesan. Liburannya di Bali yang telah berlangsung satu bulan ini pun menjadi tambah seru dengan diadakannya festival tersebut.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Lomba, I Wayan Sudarma, menjelaskan,  pertandingan gebug bantal sebenarnya merupakan permainan tradisional yang merupakan permainan khas masyarakat Desa Adat Jungut Batu. Permainan ini sering dimainkan masyarakat zaman dulu pada waktu luang, yang dalam permainan ini uji ketangkasan menjadi faktor kemenangan. “Kalau dulu permainan tidak memakai bantal, masyarakat menggunakan benda yang lunak agar tidak berbahaya. Pemain yang kalah adalah yang jatuh dari bentangan bambu,” jelasnya. (wid)